Blog

Open post

INSPECT dan Prodi Ekonomi Universitas Amikom Yogyakarta menggelar pelatihan STATA

Di awal tahun 2019, tepatnya di tgl 29 Januari 2019, PT Inspect Multi Konsultan ditunjuk oleh Prodi Ekonomi Univ Amikom Yogyakarta untuk memberikan pelatihan STATA dasar yang diperuntukkan bagi para dosen di Prodi Ekonomi.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan stata yang diselenggarakan selama satu hari  yakni, Pengenalan STATA, Manajemen Data, Uji Korelasai dan Perbedaan, Regresi Data Time Series, Cross Section, Pooling Section, dan Panel.

 

 

Open post

PELATIHAN STATA ANGKATAN KE-5

Untuk memenuhi kebutuhan dalam bidang riset dan pengolahan data, PT Inspect Multi Konsultan kembali mengadakan pelatihan STATA yang sudah memasuki angkatan ke-5.

Pelatihan dilaksanakan selama bulan Oktober dimana pelatihan STATA angkatan ke 5 ini terdiri dari tiga paket pelatihan yakni, Pelatihan STATA Dasar ( tgl 13- 14 Oktober 2018), Pelatihan STATA untuk pengolahan data IFLS (tgl 20-21 Oktober 2018) dan pelatihan STATA untuk Evaluasi dampak (tgl 27-28 Oktober 2018)

Pelatihan STATA angkatan ke 5 ini diikuti oleh peserta dari berbagai macam latar belakang profesi maupun bidang studi pendidikan.

Usai pelatihan, peserta pelatihan mengungkapkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan oleh PT Inspect Multi Konsultan lebih mudah diikuti, materi yang disampaikan sangat jelas, dan dipandu oleh Trainer yang kompeten dan komunikatif.

Open post

Pelatihan Stata untuk Evaluasi Dampak di FKM UNSRI

Sebagai lanjutan pelatihan Stata untuk Pengolahan Data Indonesia Family Life Survey (IFLS) yang berlangsung dua minggu lalu, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya kembali mengadakan pelatihan Stata lanjutan. Kali ini, pelatihan mengambil tema “Pelatihan Analisis Evaluasi Dampak melalui Aplikasi Stata Menggunakan Data IFLS”. Pelatihan berlangsung pada tanggal 7 – 8 Desember 2018 di Grand Atyasa Convention Center Palembang, yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan FKM UNSRI.

Dalam pelatihan yang berlangsung dua hari ini, narasumber dari INSPECT menyampaikan materi mencakup Pengenalan Evaluasi Dampak, Propensity Score Matching, Difference in Difference, Instrumental Variable, dan Regression Discontinuity Design. Narasumber menekankan materi pada cara mengaplikasikan teknik evaluasi dampak di software Stata menggunakan contoh dataset IFLS.

Open post

Pelatihan Stata di FE Universitas Negeri Padang

Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang (FE UNP) bekerjasama dengan INSPECT menyelenggarakan Pelatihan Stata untuk Pengolahan Data IFLS dan Evaluasi Dampak pada tanggal 3 – 5 Desember 2018. Bertempat di Ruang Meeting Kampus FE UNP, pelatihan ini diikuti oleh sekitar 15 dosen di lingkungan jurusan Ilmu Ekonomi FE UNP.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini, trainer dari INSPECT menyampaikan materi mengenai pengenalan software Stata, pengenalan data Indonesia Family Life Survey (IFLS), dan teknik evaluasi dampak. Pelatihan diakhiri dengan penutupan oleh Dekan FE UNP. Dalam sambutannya, Dekan FE UNP menyampaikan bahwa pelatihan ini diharapkan bermanfaat bagi dosen dalam melakukan penelitian dan menghasilkan publikasi ilmiah.

Open post

Pelatihan Stata untuk Pengolahan Data IFLS di FKM UNSRI

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya (FKM UNSRI) menyelenggarakan Pelatihan Stata untuk Pengolahan Data IFLS di Bidang Kesehatan yang berlangsung pada tanggal 26 – 27 November 2018. Bertempat di Grand Atyasa Convention Center Palembang, pelatihan ini diikuti oleh dosen dan mahasiswa di lingkungan FKM UNSRI.

Dalam pelatihan ini, narasumber dari INSPECT diundang untuk memberikan materi pelatihan seputar penggunaan software Stata dalam pengolahan data Indonesia Familiy Life Survey (IFLS). Materi diawali dengan pengenalan Stata, meliputi fungsi-fungsi utama dalam manajemen data. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengenalan data IFLS. Peserta juga memperoleh materi mengenai contoh-contoh generating variabel dari data IFLS dan penyiapan dataset.

Acara pelatihan dibuka langsung oleh Dekan FKM UNSRI. Dalam sambutannya, Dekan berharap agar pelatihan ini bisa memberikan manfaat kepada dosen dan mahasiswa, khususnya dalam kegiatan penelitian di lingkungan FKM UNSRI. Data IFLS ini memang sangat kaya informasi mengenai topik kesehatan, sehingga memberikan peluang yang lebih luas untuk penelitian isu kesehatan.

 

Open post

Pelatihan Analisis Data IFLS di FKM Universitas Airlangga

Pada tanggal 8 April 2018 dan 10 – 13 Mei 2018 di Surabaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (FKM UNAIR) menyelenggarakan pelatihan analisis data the Indonesia Family Life Survey (IFLS) dengan software Stata. Pelatihan ini diampu oleh peneliti INSPECT dan dihadiri oleh sejumlah dosen di lingkungan FKM UNAIR.

Pelatihan yang berlangsung selama empat hari ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama mengenai pengenalan Stata dan data IFLS, sedangkan sesi kedua mengenai aplikasi pengolahan data IFLS.  Diharapkan dari pelatihan ini, peserta dapat menggunakan data IFLS dan software Stata dalam riset di bidang kesehatan masyarakat. []

 

Open post

PELATIHAN STATA EVALUASI DAMPAK ANGKATAN-4

PT Inspect Multi Konsultan kembali menggelar pelatihan STATA Untuk Evaluasi Dampak. Pelatihan ini merupakan pelatihan STATA Untuk Evaluasi Dampak angkatan ke-4.

Pelatihan digelar selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu tgl 11 – 12 Agustus 2018. Bertempat di Hotel Grand Serela Jl. Magelang Km.4. Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan STATA Untuk Evaluasi Dampak angkatan ke-4 ini datang dari berbagai Instansi yang berbeda, yakni Institut Pertanian Bogor, Ilmu Ekonomi UNAIR, MSi Universitas Gadjah Mada (UGM), Geografi Lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM), IE Universitas Negri Yogyakarta(UNY), Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember, Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM)

Selain itu, pada pelatihan STATA Untuk Evaluasi Dampak ini, diikuti pula oleh peserta dari jenjang mulai S1 sampai S3. Profesi yang disandang pun juga berbeda-beda. Ada yang mahasiswa, praktisi, dosen, dan lain sebagianya.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan STATA Untuk Evaluasi Dampak meliputi Pengenalan Teknik Evaluasi Dampak, Propensity Score Matching, Propensity Score Matching, Difference in Difference dan Fixed Effects, Instrumental Variable, Regression Discontinuity.

 

Open post

PELATIHAN STATA UNTUK PENGOLAHAN DATA IFLS ANGKATAN KE-4

Di Awal bulan Agustus PT Inspect Multi Konsultan menggelar pelatihan STATA Untuk Pengolahan Data IFLS. Pelatihan ini merupakan pelatihan STATA Untuk Pengolahan Data IFLS angkatan ke-4.

Pelatihan digelar selama dua hari, yakni Sabtu-Minggu tgl 4 – 5 Agustus 2018. Bertempat di Hotel Grand Serela Jl. Magelang Km.4. Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai 16.00 WIB.

 

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan STATA Untuk Pengolahan Data IFLS angkatan ke-4 ini datang dari berbagai Instansi yang berbeda, yakni MSi Universitas Gadjah Mada (UGM), Geografi Lingkungan Universitas Gadjah Mada (UGM), IE Universitas Negri Yogyakarta(UNY), Polgov Universitas Negri Yogyakarta(UNY), Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Katholik Indonesia Atma Jaya, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Jember, Pendidikan Sosiologi Universitas Negri Yogyakarta(UNY), Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), Prince of Songkla University Thailand, Magister Ekonomi Pembangunan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Selain itu, pada pelatihan STATA Untuk Pengolahan Data IFLS ini, diikuti pula oleh peserta dari jenjang mulai S1 sampai S3. Profesi yang disandang pun juga berbeda-beda. Ada yang mahasiswa, praktisi, dosen, dan lain sebagianya.

 

Materi yang disampaikan dalam pelatihan STATA Untuk Pengolahan Data IFLS  meliputi Pengenalan Data IFLS, Struktur Data IFLS, Membuat Variabel dari IFLS, Membuat Variabel dari IFLS, Merging Data antar Gelombang IFLS

 

 

 

 

 

 

 

 

Posts navigation

1 2 3 4