PELATIHAN EXCEL TINGKAT DASAR DI BAGIAN P3ADK SETDA KOTA YOGYAKARTA

Awal bulan Mei 2018, PT Inspect Multi Konsultan ditunjuk sebagai penyelenggara pelatihan Ms.Excel Tingkat Dasar di Bagian Perekonomian, Pengembangan Pendapatan Asli Daerah dan Kerjasama (P3ADK) Setda Kota Yogyakarta.

Pelatihan Ms.Excel Tingkat Dasar tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai hari Rabu – Kamis Tgl 2 – 3 Mei 2018.

Lebih dari 10 peserta mengikuti pelatihan ini, dan kesemua peserta tersebut merupakan Pegawai Negri di Bagian P3ADK Setda Kota Yogyakarta. Adapun acara dimulai pukul 08.30 sampai 11.30.

Dilingkungan Instansi Pemerintah sendiri, sejatinya Ms.Excel menjadi software pengolahan data yang sangat penting dan paling banyak digunakan. Apalagi mengolah data dengan jumlah banyak dan komplek.

Sehingga pelatihan pengolahan data dengan Ms.Excel menjadi solusi tepat untuk meningkatkan kapasitas kemampuan pengolahan data.

Setalah pelatihan selesai, banyak peserta pelatihan yang mengungkapkan sangat terbantu dengan pelatihan tersebut. Banyak ilmu-ilmu baru yang didapatkan.

Terlebih, modul pelatihan yang disusun oleh Trainer Pelatihan Ms.Excel yaitu Indriana Mei Listiyani, S.Pd., M.E. dan Novianti Ekasari, S.Pd., Gr. sangat detail, komplit, dan mudah dipahami. Sehingga peserta bisa melanjutkan proses belajar secara mandiri setelah pelatihan usai.

Materi yang disajikan dalam pelatihan excel tingkat dasar antara lain sebagai berikut:

  1. Input Data : Grup Sheet untuk Back Up Data, Menyesuaikan ukuran cell, memandaatkan paste special.
  2. Manajemen data : membuat hyperlink, mengatur tampilan worksheet, data validation, membuat drop down tabel, Pivottabel, Pivotchart & Slicer
  3. Analisis Data : Analisis Singkat Dengan Logika If, Forecasting.
  4. Finishing : Menyembunyikan Cell Yang Error Saat Mencetak Lembar Kerja, Mencetak Beberapa Lembar Kerja Sekaligus, Membuat Judul Berulang Pada Lembar Kerja, Mencetak Dokumen Tertentu Dokumen Excel Dengan Print Area.
  5. Macro

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *