PELATIHAN STATA UNTUK PENGOLAHAN DATA IFLS

Indonesia Family Life Survey (IFLS) atau yang lebih dikenal Survai Aspek Kehidupan Rumah Tangga Indonesia (SAKERTI) merupakan survei rumah tangga yang pernah dilaksanakan di Indonesia.

IFLS merupakan sebuah studi panel rumah tangga, individu, dan survei masyarakat. Survei ini berlangsung selama lima gelombang sejak 1993, dan terakhir adalah 2014.

Begitu pentingnya mengolah data IFLS, PT INSPECT MULTI KONSULTAN mengadakan pelatihan STATA untuk pengolahan data IFLS. Setelah sebelumnya menegadakan pelatihan STATA dasar.

Adapun pelatihan STATA untuk pengolahan data IFLS dilaksanakan selama dua hari, mulai Sabtu sampai Minggu, tangal 31 Maret – 1 April 2018.

Pelatihan dimuai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Seperti pelatihan dasar sebelumnya, pelatihan STATA untuk pengolahan data IFLS dilaksanakan di Grand Serela Hotel Yogyakarta.

Ada 20 peserta pelatihan yang berasal dari Instansi/kampus yang beragam, mulai dari FEB UGM, MSI UGM, GEOGRAFI UGM, P3ADK SETDA YOGYAKARTA, PETERNAKAN UGM, IKM UGM, IE UB, IE UNAIR, Australian National University, IPB, FE UNIV. SANATA DARMA.

Peserta yang ikut tidak hanya berdomisili di Yogyakarta, namun bersala dari Surabaya, Tangerang dan Malang.

Termasuk satu peserta yang sedang menempuh Kuliah di Australian National University.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan IFLS kali ini meliputi :

  1. Pengenalan data IFLS
  2. Struktur data IFLS
  3. Merging data indiviud, rumah tangga, komunitas.
  4. Merging data antar gelombang ifls
  5. Analisis regresi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *